KORANNTB.comIndra Jaya Usman (IJU) Ketua DPD Partai Demokrat NTB menegaskan agar semua pihak, ikut berperan serta dalam menjaga kondusivitas keamanan dan kerukunan bangsa. Terutama jelang pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilihan presiden yang akan berlangsung persis dua bulan ke depan.

“Belajar dari pengalaman sebelum-sebelumnya, Republik ini pernah 4 kali memilih langsung presidennya. Setiap penyelenggaraan pilpres, tidak jarang terjadi perpecahan di tengah masyarakat akibat perbedaan pilihan. Untuk Pilpres 2024 mari sama-sama kita jaga kerukunan dan persatuan,” sebut politisi muda asal Lombok Barat itu, di hadapan ratusan kader dan saksi Partai Demokrat Kecamatan Kediri dan Labuapi, Kamis, 14 Desember 2023.

IJU mengingatkan bahwa kerukunan dan terjaganya kondusivitas keamanan merupakan salah satu faktor terpenting dalam kehidupan bermasyarakat. Faktor yang paling dibutuhkan untuk menjalani kehidupan yang baik sebagai makhluk sosial. Sehingga seluruh masyarakat harus memahami benar, nilai yang paling mendasar dari dilaksanakanya pemilihan langsung pimpinan tertinggi di negeri ini.

“Masyarakat juga harus memiliki pengetahuan yang baik tentang para kandidat calon pemimpin negeri yang sedang berkontestasi. Siapa calon yang paling mampu menjaga kerukunan dan kondusifitas keamanan negeri ini,” kata Indra Jaya Usman.

“Kita sebagai kader Demokrat memiliki kewajiban untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kerukunan ini. Kita juga wajib memberitahu kepada sebanyak-banyaknya masyarakat, Capres-Cawapres mana yang paling mampu menjaga kerukunan bangsa ini,” sambungnya.

Jaga Kerukunan

Menurut IJU hanya Pasangan Prabowo-Gibran yang paling tepat melanjutkan tanggung jawab memimpin negeri ini ke depan. Karena Prabowo terbukti mampu menjadi tokoh yang menegaskan bahwa kontestasi pemilihan presiden tidak boleh membuat bangsa lantas terpecah belah. Prabowo berkenan hadir pada pelantikan Presiden Jokowi, bahkan bersedia terlibat langsung dalam pemerintahan sebagai Menteri Pertahanan RI pada periode kedua pemerintah Jokowi.

“Pak Prabowo dengan lapang dada menerima hasil pemilu dan di periode kedua mau ikut terjun dalam pemerintahan Pak Jokowi. Semua Ia lakukan salah satunya tentu demi alasan persatuan dan kerukunan bangsa ini,” sebut Indra Jaya Usman.

Pada kontestasi Pilpres 2024, Prabowo Subianto kembali membuktikan bahwa dirinya mampu menjadi perekat persatuan bangsa. Ia berhasil meraih dukungan dari dua Presiden RI yang sama-sama dipilih langsung oleh rakyat. Yaitu Presiden SBY dan Presiden Jokowi.

Prabowo Subianto (dok. ist)

Dalam kesempatan itu IJU juga sempat menyampaikan apresiasinya kepada 250 kader dan saksi yang hadir pada agenda tersebut. Seluruh hadirin yang datang merupakan kaum muda yang tampak tetap bersemangat dan antusias dari awal hingga akhir acara.