KORANNTB.com – Beredar sebuah video di WhatsApp grup yang memperlihatkan sebuah surat suara Calon DPR RI Dapil NTB II sudah dicoblos duluan sebelum pemilih mencoblos di TPS. Kejadian disebutkan terjadi di Desa Rumbuk, Kecamatan Sakra, Lombok Timur.

“Terjadi kecurangan surat suara sudah tercoblos dluan kejadian di desa rumbuk,” tulis seorang yang mengunggah video di WhatsApp grup.

Pada video tersebut memperlihatkan surat suara Caleg dari Partai Demokrat, nomor urut 3, Dr. Vegalyra Novantini Samodra, S.T., M.M telah dicoblos duluan, sehingga memicu protes dari pemilik suara yang akan mencoblos di TPS.

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Koranntb telah menghubungi Ketua Bawaslu Lombok Timur, Samsul Hadi untuk mengonfirmasi kebenaran video tersebut.

Dia mengatakan kejadian surat suara tercoblos duluan di Desa Rumbuk, Kecamatan Sakra, Lombok Timur memang benar terjadi. Namun pemilih telah diberikan surat suara pengganti dari surat suara yang telah dicoblos tersebut.

“Sudah diganti, karena pemilih minta diganti,” katanya dihubungi koranntb, Rabu, 14 Februari 2024.

Dia mengatakan memang TPS tersebut memang masuk kategori rawan, sehingga pihak Bawaslu Lombok Timur telah bersiaga mengawasi TPS tersebut.

“Langsung diganti karena pemilihnya minta diganti. Kami tunggu standby personil di TPS tersebut, karena TPS ini rawan,” ujarnya.

Kesimpulan

Kejadian surat suara tercoblos duluan di Desa Rumbuk, Kecamatan Sakra, Lombok Timur memang benar terjadi. Ketua Bawaslu Lombok Timur Samsul Hadi membenarkan kejadian tersebut dan mengatakan pemilih sudah mendapat ganti surat suara yang telah dicoblos duluan.