KORANNTB.comSyekh Ali Jaber Rahimahullah semasa hidup pernah mengajarkan umat muslim bahwa ada amalan yang ringan di mulut namun memiliki pahala yang sangat berat di timbangan nanti.

Berdzikir pada Allah SWT adalah kunci amalan tersebut. Dzikir tersebut sangat pendek namun memiliki ganjaran pahala yang sangat tinggi.

Dzikir tersebut kata Syekh Ali Jaber adalah subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim. Jika terus dibaca maka pahala terus mengalir pada orang yang membacanya.

Itu sangat ringan di mulut namun memiliki banyak manfaat di akhirat kelak. Dengan dzikir tersebut timbangan amal umat Islam akan bertambah dan sangat berat hingga ganjaran surga menanti.

Abu Hurairah RA ia menceritakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ، ثَقِيلَتَانِ فِى الْمِيزَانِ ، حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ ، سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

Artinya: “Ada dua kalimat, yang ringan di lisan tetapi berat dalam timbangan dan dicintai oleh ar-Rahman, Subhanallah wa bi hamdih dan Subhanallahil ‘azhim.” (HR Muttafaq ‘Alaih).

Untuk diketahui, Subhanallah wa bi hamdih artinya maha suci Allah dan segala puji hanya bagi-nya. Kemudian Subhanallahil ‘azhim artinya maha suci Allah yang maha agung.

Dzikir tersebut paling disukai oleh Allah SWT dan Allah sangat menyayangi umatNya yang mengucapkan dzikir kepadaNya.

Momen bulan Ramadhan ini adalah sebaik-baiknya bulan bagi umat Islam untu mengintropeksi diri dan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. Rajin-rajin berdzikir kepada Allah, karena sesungguhnya Allah akan menyukai umatNya yang rajin memuji diriNya.

Terlebih lagi dengan memperbanyak dzikir kepada Allah SWT di bulan penuh berkah ini maka Allah niscaya akan mengangkat derajat hambaNya dan menghapus dosanya.

Memang semua dzikir memiliki catatan pahala dari Allah SWT kepada hambaNya, namun amalan ini perlu dicoba untuk meningkatkan keimanan kita dan memperbanyak ibadah kepada Allah, terlebih lagi saat bulan Ramadhan kini.