KORANNTB.com – Jepang berhasil mengangkat trofi Piala Asia U23 2024 usai unggul tipis 1-0 melawan Uzbekistan. Sementara Indonesia gagal lolos juara 3 usai kalah melawan Irak dengan skor 2:1.

Ada tiga negara Asia yang otomatis lolos meraih tiket Olimpiade Paris. Jepang, Uzbekistan dan Irak lolos. Sementara Indonesia memiliki satu kesempatan lagi.

Indonesia memiliki satu kesempatan lagi untuk lolos olimpiade. Timnas Indonesia akan menghadapi Guinea, wakil Afrika dalam playoff antarkonfederasi. Indonesia harus memastikan menang atas Guinea untuk lolos.

Jadwal Laga

Laga Indonesia vs Guinea akan digelar di Centre National du Football de Clairefontaine, Prancis. Namun lokasi lapangan masih belum diketahui secara pasti.

Laga Indonesia vs Guinea pada Kamis, 9 Mei 2024 pukul 19.00 WIB atau pukul 20.00 Wita.

Prediksi

Guinea senasip dengan Indonesia berada pada peringkat 4 Piala Afrika U23. Guinea kalah dari Mali dalam perebutan juara 3 melalui adu penalti. Sang pelatih percaya peluang Guinea lolos Olimpiade Paris masih terbuka lebar dan optimis mampu mengalahkan Indonesia.

Dari sisi peringkat FIFA, Guinea berada di atas Indonesia posisi 76, sementara Indonesia di posisi peringkat 134. Ada sebanyak 13 pemain Guinea berada di Liga Eropa. Sehingga ini menjadi lawan yang cukup berat Indonesia.

Sementara Indonesia tidak dapat dianggap remeh. Saat diasuh Shin Tae-yong, performa Indonesia sedang hebat-hebatnya.

Justin Hubner tidak dapat memperkuat Indonesia melawan Guinea. Dia kembali ke Jepang untuk memperkuat timnya, Cerezo Osaka. Sementara sang kapten Rizky Ridho juga tidak dapat memperkuat Timnas akibat kartu merah saat berhadapan dengan Uzbekistan. Dia harus kehilangan dua pertandingan.

Shin Tae-yong saat ini masih berupaya memanggil dua pemain untuk mengisi kekosongan ini, yaitu Elkan Baggott dan Alfeandra Dewangga.

Prediksi Line-up

Line-up Timnas Indonesia diprediksi akan mengalami perubahan yang banyak.

Timnas Indonesia diprediksi menggunakan formasi 3-4-3 dengan susunan pemain: Ernando Ari; Muhammad Ferarri, Elkan Baggott, Alfeandra Dewangga; Ilham Rio Fahmi, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Witan Sulaeman.

Saat ini belum dapat diprediksi siapa yang akan lolos menuju Olimpiade Paris mengingat kedua Timnas sama-sama pincang dalam piala benua. Belum ada kepastian formasi atau komposisi permainan nantinya.

Baik Indonesia maupun Guinea sama-sama memiliki kesempatan untuk mendapat tiket Olimpiade Paris.