KoranNTB.com – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah tampak serius dengan program pengiriman pelajar di luar negeri. Setelah banyak pelajar asal NTB dikirim ke Polandia, kini gubernur akan kembali mengirim pelajar di Korea Selatan.

Pengiriman pelajar di Negeri Ginseng tersebut ditandai dengan menandatangani Letter of Intent (LOI) dengan Chodang University, salah satu universitas di Korea Selatan. Zulkieflimansyah bersama President Chadong University menandatangani LOI di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur hari ini, Selasa, 29 Januari 2019.

Penandatanganan disaksikan rombongan dari Chodang University, perwakilan Universitas Mataram, para asisten gubernur, staf ahli dan kepala OPD Provinsi NTB.

LOI yang ditandatangani menjadi awal kerjasama antara kedua belah pihak di bidang kesehatan dan pendidikan. Direncanakan pemerintah akan mengirimkan putra-putri terbaik NTB untuk berkuliah dan mengeyam pendidikan pada bidang Kesehatan di Chodang University.

Gubernur yang kerap disapa Bang Zul berpesan agar utusan yang dikirimkan benar-benar serius dan mampu meraih ekspektasi seluruh warga NTB nantinya.

“Saya harap adik-adik yang berangkat nanti bukanlah diniatkan untuk liburan, tapi untuk memanage ekspektasi seluruh warga NTB. Meretas jalan baru bagi kerja sama di bidang lain, menjadi pasukan khusus yang kami harapkan dapat menyelesaikan masalah, berkontribusi dalam pemikiran untuk NTB dan Indonesia yang kita cintai,” ucap Bang Zul.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Nurhandini Eka Dewi, menjelaskan pihak Pemprov telah selesai melakukan rekrutmen untuk memberangkatkan tenaga kesehatan khususnya Perawat ke Chodang University.

“Kami telah melakukan test dan rekrutmen dan alhamdulillah terpilih 39 orang yang mewakili 9 kab/kota di NTB hanya KSB yang tidak terwakilkan. InshaAllah ke depannya bisa terwakili” jelas Eka.

“Pada test yang sudah dilaksanakan kami Melihat prestasi akademik dan hasil psikotest. Kami berharap adik-adik kita yang hadir pada hari ini adalah duta Korea pertama, khususnya di Chodang University di bidang kesehatan,” ucapnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi NTB akan memberangkatkan Tenaga Kesehatan khususnya Perawat D3 dari NTB untuk belajar dan menyelesaikan program S1 di Chodang University. (red)