KoranNTB.com – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Kota Mataram menunjuk Ketua baru melalui Musyawarah Cabang ke-III yang digelar di Mataram pada Kamis, 28 Maret 2019.

Irfan Suryadiata dimandatkan sebagai pemegang nahkoda baru melalui aklamasi, menggantikan Putu Joni Oka, Ketua IKADIN periode sebelumnya.

Penentuan mandat kepada Irfan ini, telah melalui kesepakatan bersama dari seluruh anggota DPC IKADIN Kota Mataram yang hadir pada agenda musyawarah.

Apresiasi mendalam dilontarkan Irfan ketika diminta naik mimbar memberikan sambutannya, setelah dimandatkan sebagai Ketua DPC Ikadin Kota Mataram.

“Terimakasih kepada ketua demisioner yang telah meletakan pondasi yang baik untuk IKADIN selama ini, sehingga ke depan kita akan memperkuat kokoh bangunan dari pondasi itu agar tercipta apa yang menjadi harapan dan sasaran IKADIN Kota Mataram. Terimakasih juga kepada rekan – rekan seprofesi anggota IKADIN Kota Mataram yang telah mempercayakan saya untuk membawa organisasi ini di masa selanjutnya,” ucap Irfan.

Di hadapan para anggota Muscab III yang hadir, Irfan menyatakan akan memperkuat konsolidasi guna membesarkan formatur keanggotaan dari IKADIN Kota Mataram. Karena, menurutnya IKADIN sebagai organisasi profesi pendamping keadilan, sejatinya harus lebih dikenal meluas agar apa yang dihajatkan dengan berdirinya organisasi dapat tercapai. Ia juga berjanji akan terus menjalin hubungan erat dengan seluruh lembaga, baik di lingkup pemerintah maupun NGO melalui sinergi yang bersifat pemberdayaan.

“Ke depan kita ingin meningkatkan aktivitas sosial dan memberi manfaat pelayanan kepada khalayak juga pemerintah. Sebagaimana reformulasi peran IKADIN Kota Mataram dalam menjalankan fungsi sebagai pilar penegak hukum di Era Revolusi Industri 4.0,” katanya

“Sinergi terus kita galakkan agar lembaga kecil kita yang memiliki daya pukul ini dapat terus memberi rasa keadilan bagi masyarakat. Sekaligus dengan harapan menjalin konsolidasi memperbesar organisasi,” sambungnya.

Adapun agenda bulanan, lanjut Irfan, tetap menjadi agenda rutin yang justru diperkuat untuk menelurkan ide dan gagasan serta sekaligus mempererat silaturahmi.

“Program memperkuat silaturahmi dan menelurkan inisiasi tetap akan kita jalankan. Bismilahirohmanirahim, semua jaringan dan teman – teman yang saya miliki akan saya berikan agar organisasi ini bisa lebih baik dan dirasakan oleh seluruh pihak,” pungkas Irfan mengakhiri sambutannya.

Sementara itu Ketua DPD IKADIN NTB, Surya Hadi, juga memberi harapan besar terhadap kiprah ketua terpilih IKADIN Kota Mataram saat ini. Ia menyebut jika DPC IKADIN Kota Mataram sejatinya menjadi barometer yang tumbuh dengan ide gagasan intelektual yang baik.

Sebagai barometer, tantangan kemajuan industri yang semakin modern harus bisa diimbangi dengan program-program unggula, seperti halnya membuat badan hukum atau jada pendampingan hukum berbasis digital.

“Jadi DPC Kota Mataram ini merupakan barometer tentu dia harus lain dari pada yang lain. Harus lebih berkualitas dengan program-program unggulan dibanding dengan DPC yang lain. Jadi kita di Ikadin ini tidak semata mencari uang namun juga mencari pengabdian. Intinya advokat sekarang ini harus moderen, semua fasilitas bisa dimanfaatkan. Baik secara online ataupun menemui langsung pendampingnya,” ujarnya.

Surya Hadi berharap agar DPC Ikadin Kota Mataram lebih menguasai metode – metode pendampingan hukum baik secara langsung ataupun melalui onlie dengan sebuah aplikasi pengaduan dan pendampingan.

“Tentu DPC Ikadin Kota Mataram sebagai barometer harus lebih menguasai metode-metode pemanfaatan refolusi 4.0 saat ini. Dia harus lebih maju dari DPC lainnya. Jadi saya harap kepada Ketua terpilih untuk bisa membuat program – program unggulan. Harus memulai dan menjadi contoh bagi DPC yang lain. Termasuk dengan memperbanyak kerjasama dengan seluruh pihak,” harapnya.

Agenda Muscab III Ikadin Kota Mataram inipun berakhir dengan penyampaian masukan program kerja dari para anggota. Pelantikan Irfan Suryadiata sebagai Ketua Ikadin Kota Mataram, rencananya akan dilaksanakan pada akhir bulan April 2019 nanti. (red)