KORANNTB.com – Aksi besar-besaran menolak rancangan undang-undang (RUU) bermasalah akan digelar di Kantor DPRD NTB, Jalan Udayana, Kota Mataram, Kamis, 26 September 2019.

Pengendara kendaraan diimbau untuk menghindari jalan di Udayana guna menghindari kemacetan.

Aksi tersebut yang direncanakan berjumlah ribuan mahasiswa, kemungkinan akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas untuk menghindari kemacetan panjang.

Sebelumnya, Mahasiswa Universitas Mataram, Universitas Muhammadiyah Mataram dan Universitas Islam Negeri Mataram merencanakan aksi kosongkan kampus untuk bergerak menggelar aksi di Udayana. Namun, pihak rektorat tiga kampus tersebut telah mengeluarkan imbauan agar mahasiswa tidak melakukan aksi.

Kapolres Mataram AKBP Saiful Alam, mengatakan pihak kepolisian telah berkoordinasi dengan TNI untuk meminta bantuan mengawal aksi massa. Rencananya 1.000 personel kepolisian dan TNI dikerahkan.

“Polda Nusa Tenggara Barat beserta dengan kami, kami juga kemarin sudah berkomunikasi dengan rektorat, pak rektor dan pihak-pihak kemahasiswaan di beberapa universitas, mungkin rekan-rekan sudah dapat himbauan dari beberapa universitas yang sudah keluar dan menyampaikan himbauan untuk besok tidak melakukan aksi ini,” katanya.

“Besok juga masih ada mata pelajaran yang akan diikuti di kemahasiswaan, artinya silakan menyampaikan pendapat juga tapi ingat cita-cita rekan-rekan yang akan mewujudkan bangsa Indonesia ini bangsa yang besar dan luar biasa,” ujarnya. (red)

Foto: Google Map