KORANNTB.com – Dinas Perhubungan NTB bersama Jasa Raharja, Gojek, Damri, dan Polda NTB memfasilitasi mudik gratis bagi 120 orang mahasiswa asal pulau Sumbawa.

Pelepasan mudik gratis 2022 digelar di halaman kantor Dinas Perhubungan NTB, Sabtu petang 30 April 2022.

Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Moh Faozal mengatakan, program Mudik Gratis 2022 ini diinisiasi bersama Dishub NTB, Jasa Raharja, Gojek, Damri dan Ditlantas Polda NTB.

“Ini inisiasi stakeholders perhubungan. Kita bersinergi untuk melaksanakan program Mudik Gratis 2022 ini,” katanya.

Faozal berharap program ini bermanfaat bagi para mahasiswa dan mahasiswi asal pulau Sumbawa yang selama ini menempuh pendidikan di Mataram.

“Harapannya agar para mahasiswa bisa pulang kampung dengan aman dan nyaman. Kemudian merayakan Idul Fitri bersama keluarga di Sumbawa, Dompu dan juga Bima,” kata Faozal.

Menggunakan tiga unit Bus Damri mudik gratis dibagi 3 rute Sumbawa, Dompu dan Bima. Pembiayaan disupport oleh Gojek perwakilan NTB.

Hadir dalam pelepasan Mudik Gratis 2022, Wadir Lantas Polda NTB, AKBP Romadhoni Sutardjo, Kepala Cabang Jasa Raharja NTB, Emil Feriansyah Latief, Perwakilan Gojek NTB Ronny Faisal, dan GM Damri Mataram.

Sebelum pelepasan dilakukan, para mahasiswa dan mahasiswi berbuka puasa bersama dengan jajaran Dishub NTB dan tamu undangan.

Program Mudik Gratis yang disediakan Dishub NTB diapresiasi para mahasiswa. Apalagi, belakangan harga tiket bus mengalami kenaikan cukup signifikan menjelang lebaran.

“Program ini sangat membantu kami. Apalagi saat ini harga tiket bus tujuan Bima naik dari Rp180 ribu menjadi sekitar Rp300 ribu per orang,” kata Muhammad Farhan, salah seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mataram.

Farhan yang mudik ke Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, juga merasa bersyukur karena sudah dua tahun lebih tidak mudik lebaran.

“Sudah dua tahun lebih nggak mudik, selain karena massa pandemi juga karena harga tiket yang selalu naik pas lebaran,” ujarnya.

Ia berharap, Dishub NTB bisa menjadikan program mudik gratis ini sebagai program tahunan.

Sementara itu, perwakilan Gojek NTB, Ronny Faisal mengatakan, supporting yang diberikan Gojek dalam program mudik gratis ini sebagai bentuk kepedulian Gojek untuk para mahasiswa di NTB.

“Ini sebagai upaya memperat silaturahmi kami di Gojek dengan masyarakat, khususnya mahasiswa ini. Yang terpenting Gojek selalu berada di hati masyarakat,” katanya.

Wadir Lantas Polda NTB, AKBP Romadhoni Sutardjo mengatakan, jajaran Ditlantas Polda NTB dan satuan lantas wilayah memastikan arus mudik tahun ini di NTB aman dan nyaman.

Karena itu, Polda NTB dan Polres jajaran telah membentuk setidaknya 38 unit posko mudik, baik posko pengamanan dan juga pelayanan di sepanjang rute Mataram hingga Bima.

“Kita siapkan 38 posko. Sejauh ini arus mudik terpantau lancar dan aman,” katanya. (red)