KORANNTB.com – Angka kecelakaan saat mudik tahun ini menurun dibandingkan tahun 2021. Total kecelakaan mudik se Indonesia berjumlah 2.894 Kejadian.

Dari angka tersebut, 51 kecelakaan terjadi di tol, sementara kecelakaan di non-tol 2.894 kejadian.

Jumlah tersebut berdasarkan laporan Posko Operasi Ketupat 2022, yang direkapitulasi mulai 23 April hingga 2 Mei 2022.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, angka tersebut mengalami penurunan 1 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Jika ditotal secara keseluruhan jumlah kecelakaan di tol maupun non tol sebanyak 2.945. Tetapi, angka itu mengalami penurunan sebanyak 1 persen jika dibandingkan tahun 2021 lalu, yang dimana adanya larangan mudik bagi masyarakat,” katanya, Selasa, 3 Mei 2022.

Dalam kesempatan ini, Korlantas Polri, juga mengimbau kepada masyarakat yang mudik untuk menghindari puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada tanggal 6 hingga 8 Mei 2022.

“Karena itu, bisa dipertimbangkan oleh warga setelah silaturahmi dengan keluarga, bisa dimanfaatkan waktu pulang lebih awal. Kalau memang waktunya cukup bagi yang cuti, bisa pulang setelah tanggal 9,” ujarnya.

Dalam menghadapi puncak arus balik, polisi juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurangi potensi kepadatan. Yakni, one way dan contraflow. (red)