KORANNTB.com – Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal jatuh pada Jumat 21 April 2023. Sebagai tindaklanjut penetapan tersebut, Universitas Muhammadiyah Mataram akan menggelar Salat Idul Fitri pada Jumat besok di Kampus UMMAT.

Terdapat tiga lokasi untuk Salat Idul Fitri di Mataram, Lombok. Masing-masing di Kampus Ummat, Masjid Darul Arqom Sekarbela, dan Jalan Anyelir Dasan Agung.

Salat Idul Fitri digelar besok sebagaimana keputusan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang telah menetapkan 1 Syawal 1444 hijriah.

“Dalam konteks Idul Fitri 1444 hijriah, ketika matahari terbenam tanggal 20, itu sudah menunjukkan hilal berada di atas ufuk satu derajat. Positif satu derajat ini menjadi patokan Muhammadiyah bahwa telah masuk tanggal 1 Syawal,” kata Ketua Lembaga Pengkajian Pengembangan Pengamalan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (LP3IK), Ummat, M. Anugrah Arifin, Kamis, 20 April 2023.

Keputusan tersebut diambil Muhammadiyah dengan menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal. Artinya, nol derajat diatas ufuk dalam perspektif metode tersebut sudah disebut sebagai bulan baru.

Khusus di Ummat, rencananya akan diselenggarakan pukul 7 pagi. “Sebagai khatib nanti langsung Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) NTB, Tuan Guru Falahuddin. Kemudian selaku imam saya sendiri,” ujarnya. (red)

Foto: Shutterstock