KORANNTB.com – Aplikasi WhatsApp memiliki beberapa folder sebagai penyimpanan internal pengguna. Folder-folder tersebut menyimpan data dan dokumen dari pengguna WhatsApp sendiri.

Beberapa folder di WhatsApp seperti: links, audio, stickers, documents, video, images, video note, walpaper, animated gifs, profile photo dan voice notes.

Cendrung folder-folder tersebut akan menumpuk dengan file berjumlah ratusan dan bahkan ribuan. Untuk itu secara rutin dianjurkan untuk dibersihkan.

Pada folder link di WhatsApp memang disediakan oleh WhatsApp sendiri untuk menyimpan tautan atau link yang diterima atau dibagikan. Jika folder itu menumpuk, maka akan membuat ponsel menjadi lemot atau berat.

Anda dapat menghapus folder link di WhatsApp jika hp menjadi lemot. Dianjurkan sepekan atau sebulan sekali melakukan penghapusan untuk membebaskan ruang WhatsApp.

Untuk menghapusnya, Anda bisa menghapus melalui ponsel atau menyambungkan ponsel ke laptop dan menghapusnya.

Cara menghapus lewat ponsen:

  1. Buka File Manager
  2. Klik penyimpanan atau folder
  3. Cari folder WhatsApp
  4. Klik media
  5. Pilih folder link atau folder yang akan Anda hapus isinya
  6. Hapus.

Cara menghapus lewat laptop:

  1. Sambungkan ponsel Anda di laptop
  2. Buka penyimpanan ponsel
  3. Buka penyimpanan bersama internal
  4. Klik WhatsApp
  5. Cari folder yang ingin dihapus filenya dan hapus

Selain file link, ada juga file stiker yang menyimpan stiker yang Anda bagikan atau orang lain bagikan baik di grup atau di jaringan pribadi. File stiker juga bisa jadi sangat menumpuk dan membuat ponsel Anda lemot.