Solusi Bebas Pinjol

Setelah mengetahui dampak kemiskinan yang ditimbulkan dari pinjol, agar tidak terjerumus dalam jeratan pinjol berikut terdapat tiga solusi yang bisa dilakukan.

a. Membuat perencanaan keuangan yang baik

Perencanaan keuangan merupakan cara yang digunakan untuk mengoptimalkan setiap uang yang kita peroleh. Perencanaan keuangan ini meliputi pengumpulan data keuangan, penetapan tujuan atau rencana hidup, pemeriksaan status keuangan terkini, dan penyusunan strategi agar dapat mewujudkan impian tetapi berdasarkan kondisi keuangan terkini.

b. Meningkatkan literasi keuangan

Pendidikan yang semakin tinggi dapat meningkatkan pengetahuan seseorang dalam berbagai bidang, salah satunya tentang bagaimana mengelola keuangan. Dengan tingginya tingkat literasi keuangan, kita bisa menentukan mana kebutuhan dan mana yang sekedar keinginan sehingga dapat lebih bijak dalam penggunaan uang yg dimiliki.

c. Mengatur skala prioritas

Susunlah skala prioritas dimulai dari hal yang paling penting pemenuhannya. Daftar tersebut akan mempermudah kita dalam mengambil keputusan dalam memenuhi kebutuhan dan tentunya menjauhkan kita dari perilaku konsumtif. Namun, jika sudah terlanjur terjebak dalam jeratan pinjaman online dapat menerapkan tiga solusi berikut:

d. Prioritaskan utang yang memiliki biaya tertinggi

Ketika terdapat beberapa pinjaman online, maka prioritaskan lebih dulu utang dengan bunga yang paling tinggi

e. Membuat anggaran keuangan

Membuat anggaran keuangan untuk mengelola keuangan, dengan menyisihkan sebagian besar pendapatan yang diperoleh untuk melunasi utang yang dimiliki.

f. Hindari gali lubang tutup lubang

Istilah gali lubang tutup lubang ini maksudnya menghindari pengambilan pinjaman baru untuk melunasi pinjaman sebelumnya. Hal tersebut bukan merupakan solusi yang dapat dilakukan karena akan memperlebar utang yang dimiliki.