KORANNTB.com – Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal diguyur hujan mulai 21 hingga 29 Februari 2024. Itu berdasarkan prediksi cuaca yang dirilis BMKG Stasiun Klimatologi NTB pada Selasa, 20 Februari 2024.

Prakirawan Stasiun Klimatologi NTB, Yuhanna Maurits mengatakan peluang curah hujan terjadi pada dasarian III Februari (21-29). Hingga potensi NTB diguyur hujan akan terjadi.

“Diprakirakan curah hujan dengan intensitas >20 – >50 mm/dasarian dengan probabilitas kejadian >90% berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi NTB kecuali wilayah Bima bagian timur dengan peluang <10-40%,” katanya.

“Peluang curah hujan >100mm/dasarian berpeluang terjadi di Bima bagian utara dengan probabilitas kejadian 30 – 70%. Peluang curah hujan dengan intensitas >150mm/dasarian dengan probabilitas kejadian sebesar 10-40% berpeluang terjadi di Tambora,” ujar dia.

Dia juga mengingatkan bahwa saat ini NTB memasuki peralihan ke musim hujan, sehingga masyarakat diminta waspada bencana hidrometeorologi.

“Sebagian besar wilayah NTB terpantau telah memasuki musim hujan 2023/2024, masyarakat perlu mewaspadai adanya potensi bencana hidrometeorologi seperti hujan lebat disertai angin kencang yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan bersifat lokal, banjir dan tanah longsor,” kata dia.

“Selain itu, masyarakat dapat memanfaatkan hujan yang turun untuk mengisi penampungan air seperti embung, waduk, atau penampungan air hujan lainnya,” ujarnya.