Kemenag NTB Siap Gelar Kompetisi Sains Madrasah

KORANNTB.com – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB akan menggelar lomba Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang akan berlangsung 14 hingga 15 Agustus 2019, di lapangan sangkareang Mataram.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah pada Kanwil Kemenag NTB, H Zamroni Azis mengatakan, KSM tersebut merupakan kegiatan untuk menguji kemampuan murid pada 11 mata pelajaran. Salah satunya Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan mata pelajaran lainnya.

“Kegiatan ini akan dihadiri Menteri Agama, Bupati, walikota se-NTB, Gubernur dan kepala madrasah negeri dan swasta se pulau Lombok,” ungkapnya, Kamis, 8 Agustus 2019

Zamroni menjelaskan, acara ini dimeriahkan 10 ribu peserta dari Kabupaten/Kota menggunakan pakaian adat masing-masing daerah.

“Nanti, akan start pukul 13.00 WITA dari Islamic Centre, diiringi drum band, menuju lapangan Sangkareang,” terangnya.

Zamroni menambahkan, kegiatan ini merupakan ajang seleksi KSM tingkat provinsi, terhadap peserta yang dinyatakan lulus, akan dikirim mengikuti KSM tingkat nasional yang akan digelar di Manado.

“Alhamdulillah kesiapan sudah 95 persen, saya yakin ini ajang kompetisi ukur kemampuan anak-anak di bidang mata pelajaran masing-masing,” ujarnya.

Adapun peserta lomba sebanyak 333 siswa madrasah dan sekolah umum berdasarkan hasil seleksi ditingkat kabupaten/kota se-NTB pada tanggal 15 Agustus. Sedangkan lokasi acara lomba di tiga titik yakni MAN 1 dan 2 Mataram juga MTsN 1 Mataram.

“Yang menang akan diberikan uang pembinaan, dan tropi dan akan dikirim KSM tingkat nasional di Manado,” kata Zamroni menambahkan. (red)