KORANNTB.com – Gerhana Bulan Penumbra akan muncul malam nanti, Jumat 5 Mei 2023 di Indonesia. Warga Nusa Tenggara Barat dapat menyaksikan secara langsung gerhana bulan tersebut.

Gerhana bulan dapat disaksikan pukul 23.00 WITA dan akan berlangsung selama 4 jam 20 menit. Puncak gerhana pukul 01.22 WITA.

Namun BMKG meminta waspada terhadap potensi banjir rob atau banjir pesisir yang diakibatkan dari gerhana bulan. Potensi gerhana dapat memicu banjir di Pesisir Bima dan Lombok Barat.

“Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia,” kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim
Eko Prasetyo.

Sejumlah wilayah termasuk NTB berpotensi terjadi banjir rob. Untuk NTB potensi paling berisiko di Pesisir Lombok Barat dan Pesisir Kabupaten Bima. Masyarakat diminta untuk mewaspadai potensi banjir rob yang dapat terjadi pada 5 hingga 11 Mei 2023.

“Potensi banjir pesisir (rob) ini berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat,” ujarnya. (red)