KORANNTB.com – Gelombang dengan ketinggian 2 meter atau lebih masih berpotensi terjadi di perairan NTB. BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid Praya mengimbau masyarakat mewaspadai potensi gelombang tinggi pada 25-26 Oktober 2023.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid Praya, M. Andre Jersey mengatakan potensi gelombang tinggi 2 meter atau lebih terjadi di sejumlah selat di NTB.

“Waspada potensi gelombang yang mencapai 2 meter atau lebih di Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan dan Samudra Hindia Selatan NTB,” katanya, Rabu 25 Oktober 2023.

Untuk diketahui gelombang tinggi di atas 1,25 meter berbahaya bagi perahu nelayan. Kemudian gelombang di atas 1,5 meter berbahaya bagi kapal tongkang.

“Gelombang di atas 2,5 meter dengan kecepatan angin lebih dari 21 knot berbahaya bagi kapal Ferry,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan cuaca di NTB hari ini didominasi cerah dan hujan ringan. Kemudian pada Kamis besok didominasi cerah dan berawan.

NTB saat ini memang masih dalam puncak musim kemarau hingga pertengahan November mendatang di mana hanya 30 persen zona musim di NTB yang diguyur hujan.