Polsek Pekat Antisipasi Kebakaran Hutan di Kawasan Gunung Tambora

KORANNTB.com – Patroli Polsek Pekat Polres Dompu berhasil mencegah kebakaran Hutan Kawasan Gunung Tambora di areal sebelah atas Doroncanga Desa Soritatanga, Kecamatan Pekat, Dompu.

Hutan yang masuk di kawasan Gunung Tambora tersebut dilalap api sejak Selasa, 12 Agustus 2019.

“Anggota Polsek melihat ada sekumpulan asap besar yang diperkirakan di atas  Pintu 4 Ternak PT. SMS pada areal Doroncanga,” ujar Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Purnama.

Melihat kejadian tersebut bersama Petugas Taman Nasional Gunung Tambora (SPTN II) berkoordinasi dengan anggota MPA dan MMP untuk bergabung di kantor Resort Doroncanga.

“Selanjutnya pukul 14.00 Wita anggota dan petugas sudah dapat berkumpul dengan sepuluh personel untuk mempersiapkan logistik, sarana dan prasarana pemadaman,” ungkapnya.

Petugas memerlukan waktu perjalanan kurang lebih dua jam tiga puluh menit, karena sulitnya medan dan harus memperbaiki jalan, bahkan harus menggunakan tali sling supaya mobil dapat melaju.

“Sekitar pukul 16.30 Tim menjumpai salah satu lokasi kebakaran. Mereka mengatur strategi sambil mempersiapkan alat jet shooter, kemudian akhirnya dapat memadamkan api pada tiga titik api,” katanya.

Tiga titik api membakar hutan pada luas lima hektar, tiga hektar dan sepuluh hektar. Tim berhasil memadamkan api pada pukul 18.00 Wita. Polisi juga siap turun jika suatu waktu terjadi kebakaran. (red)

Link Banner