KORANNTB.com –  Memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2022, Dinas Perhubungan NTB menggelar serangkaian kegiatan. Mulai dari Sosialisasi Keselamatan Berlalulintas, Bhakti Sosial (Baksos) bertema Dishub Berbagi, hingga penyelenggaraan vaksinasi Booster.

Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Moh. Faozal menjelaskan, dalam peringatan Harhubnas 2022 kali ini, pihaknya menggandeng sejumlah stakeholder. Seperti Jasa Raharja, Astra, dan sejumlah pihak terkait lainnya.

Adapun kegiatan yang tengah berlangsung, yakni sosialisasi hambatan samping di beberapa titik yang menggunakan transportasi jalan untuk usaha dan lainnya.

Hambatan samping adalah dampak terhadap kinerja lalulintas yang berasal dari aktivitas samping segmen jalan. Seperti, pejalan kaki yang tidak menggunakan trotoar, namun berjalan di pinggir jalan atau kendaraan yang parkir di samping jalan. Ini dapat menjadi penyebab kemacetan lalulintas.

“Di wilayah Kopang misalnya. Di sana ada aktivitas masyarakat yang sangat padat sepeti di Pasar Kopang. Kita berikan pemahaman kepada masyarakat dan pedagang, tapi tanpa menghalangi aktivitas mereka,” ujar Faozal.

Selain sosialisasi hambatan samping, Dishub NTB juga getol mengkampanyekan keselamatan berlalu lintas bersama Jasa Raharja, dan juga pembenahan mobilitas keselamatan.

“Kita juga gandeng Dishub kabupaten/kota. Kan saat ini banyak petunjuk arah yang kurang baik. Traffic Light juga banyak bermasalah,” paparnya.

Sedangkan pada acara puncak peringatan Hari Perhubungan Nasional 2022, akan dilangsungkan di Pelabuhan Kayangan Lombok Timur. Di Pelabuhan Kayangan nanti kata Faozal, akan dilangsungkan beberapa kegiatan inti. Mulai dari Baksos, pengobatan gratis, dan vaksinasi Booster yang dilaksanakan pada 15-16 September, dan juga dimulainya operasional galangan kapal dari PT. Dok dan Perkapalan Air Kantung (DAK) pada 17 September.

“Nanti juga ada juga simulasi keselamatan transportasi laut. Melibatkan unsur di maritim,” tukas pria asal Lombok Tengah itu.

Sementara Kacab Jasa Raharja Cabang NTB, Emil Feriansyah Latief,  menjelaskan bahwa Jasa Raharja adalah perpanjangan pemerintah. Dari itu, dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2022, pihaknya bekerjasama dengan Dishub NTB menggelar beberapa kegiatan.

“Keterlibatan kami yang utama, bagaimana bisa meminimalisir kecelakaan berlalu lintas. Dengan adanya sosialisasi tertib berlalu lintas dan juga pembenahan petunjuk arah dan Traffic Light, kami berharap angka kecelakaan lalu lintas bisa diminimalisir,” harapnya. (red)