KORANNTB.com – Hutan Sajang di Kecamatan Sembalun Lombok Timur terbakar pada Rabu, 6 September 2023. Sebanyak 3,5 hektare lahan di hutan tersebut dilalap api.

Informasi yang dihimpun dari Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), kebakaran hutan diamati pukul 11.30 Wita. Kemudian sebanyak 23 orang Tim Dalkarhutla diturunkan ke lokasi untuk memadamkan api.

Bermula dari Kepala Resort Sembalun mendapat informasi kebarakan dari petugas yang bertugas di Pos II Jalur Pendakian Sembalun. Kemudian dilakukan pengecekan dan memang benar saja terjadi kebakaran hutan.

“Pukul 13.45 Wita tim melakukan moping-up atau memastikan bahwa tidak ada lagi sisa-sisa dari bara api bekas kebakaran hutan dan pukul 14.30 Wita api dinyatakan padam,” tulis TNGR.

Areal yang terbakar sepanjang 3,5 hektare berupa vegetasi rumput, alang-alang, semak, perdu, dedaunan kering dan beberapa pohon jenis Saropan, Bak-bakan dan Cermei Hutan.

Sebelumnya BMKG juga telah merilis NTB masuk dalam delapan daerah di Indonesia yang mengalami kekurangan hujan cukup panjang, sehingga dapat menyebabkan risiko terjadi kebakaran hutan dan lahan, kelangkaan air dan kesulitan air di sektor pertanian.