KORANNTB.com – Umumnya, banyak orang yang mengetahui gula pasir berwarna putih. Namun sekarang telah hadir gula pasir berwarna coklat yang disebut dengan brown sugar.

Perubahan warna putih menjadi coklat karena ada proses tertentu pada tahapan produksinya. Tahapan tersebut telah membuat gula ini berwarna coklat. Anda penasaran bagaimana cara membuatnya? Di bawah ini penjelasan lengkap tentang gula coklat.

Mengenal Brown Sugar yang Lagi Hits

Sekarang ini telah hadir gula berwarna coklat yang terbuat dari tetes tebu yang membanjiri pasaran. Soalnya, kini banyak pelanggan yang mencari gula berwarna coklat untuk berbagai keperluan konsumsi. Bagi Anda yang belum mengenal brown sugar berikut ini ulasannya.

Mengenal Brown Sugar

Gula cokelat berasal dari tebu yang warnanya berubah menjadi coklat karena ada campuran molase. Molase yakni cairan dari tetes tebu yang dihilangkan saat pembuatan gula pasir.

Biasanya ketika sedang membuat gula pasir cairan molase ini mengalami proses pemisahan. Tidak hanya itu saja, cairan ini juga mengalami proses penghilangan saat memproduksi gula pasir.
Proses pencampuran gula putih dengan cairan molase menghasilkan gula berbentuk kristal dan berwarna coklat. Tekstur dari gula ini pun menghasilkan bentuk kental dan lembut.

Anda bisa membubuhkan gula coklat ini pada berbagai makanan dan minuman. Rasanya manis dan lembut di lidah. Penambahan gula yang berwarna coklat pada berbagai makanan dan minuman pun sedang ngehits saat ini.

Cara Membuat Gula Coklat

Asal kata brown sugar yaitu merujuk pada gula dari tebu atau raw sugar yang belum mengalami penyulingan sempurna. Lalu banyak produsen yang mencampurkan kembali cairan molase pada gula pasir yang telah melalui tahap penyulingan.
Alasan mereka adalah agar warna serta ukuran kristal dari hasil akhir gula bisa terkontrol. Biasanya mereka menambahkan kembali molase sekitar 5-10%. Jumlah tersebut menjadi faktor penentu jenis gula coklat yang akan diproduksi.

Kandungan molase pada gula berwarna coklat ini menyebabkan gula tersebut kaya nutrisi. Gula tebu ini pun mempunyai unsur-unsur mineral seperti zat besi, potassium, magnesium, dan kalsium.
Kandungan berbagai mineral di atas tidak ada pada gula pasir biasa. Namun kandungan tersebut relatif berjumlah kecil.

Dengan adanya penambahan molase pada gula coklat ini menyebabkan rasa dan efek berbeda dari gula pasir. Gula coklat ini pun mempunyai aroma wangi karamel yang lembut.

Alasan Memilih Brown Sugar

Brown sugar mempunyai banyak keunggulan bila dibanding dengan gula pasir. Beberapa keunggulan dari gula tebu berwarna coklat tersebut adalah:

•Mempunyai tekstur lebih halus bila dibandingkan dengan gula putih
•Mempunyai aroma khas yang lebih wangi dan lembut
•Gula coklat ini bisa diolah menjadi karamel
•Karamel dari gula coklat lebih mengkilap dan berwarna terang
•Rasa dari gula tebu berwarna coklat lebih manis dari gula pasir.

Dengan adanya kelebihan-kelebihan seperti di atas maka  banyak yang memanfaatkannya untuk membuat berbagai kue. Pasalnya gula ini dapat mempertahankan kelembaban kue sehingga rasanya lebih enak.

Tidak hanya cocok sebagai bahan pembuatan kue, ternyata gula tersebut sangat enak untuk pemanis berbagai minuman. Wanginya yang khas dengan rasa lebih legit dari gula pasir membuat cita rasa minuman lebih unik.

Sekarang Anda telah banyak mengetahui tentang gula tebu berwarna coklat dengan aroma khas. Teksturnya lebih halus dan lembut dari gula pasir dengan wangi yang lebih menarik indra penciuman. Itulah mengapa banyak pelanggan memilih brown sugar yang tersedia  di Blibli dengan kemasan yang variatif sesuai kebutuhan Anda. (red)