Penulis: Parmi Marianti (Mahasiswi UIN Mataram)

 

KORANNTB.com – Ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden pemilu 2024 sudah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Beberapa hari terakhir ini, warga Indonesia dikejutkan dengan keputusan para calon presiden dalam memilih partner atau pasangannya sebagai wakil presiden. Namun yang paling tidak disangka-sangka dalam hal ini yaitu keputusan dari Prabowo Subianto dengan memilih atau mengajak Gibran Rakabuming sebagai partnernya.

Semua orang tahu bahwa Gibran Rakabuming ini merupakan putra sulung dari Presiden Joko Widodo dan satu fakta lagi bahwa Joko Widodo pernah menjadi saingan Prabowo Subianto dalam pemilihan calon presiden ke-7 Republik Indonesia pada saat itu, lebih tepatnya sejak tahun 2014.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming merupakan pasangan terakhir yang mendaftar ke KPU pada hari Rabu tepatnya pada tanggal 25 Oktober (25/10/2023) kemarin.

Adapun nama-nama kandidat calon presiden dan wakil presiden yang terdaftar adalah: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Seperti diketahui bahwa setiap pemilu wajib para calon memberikan visi-misi. Tidak terkecuali pada pemilihan calon presiden dan wakil presiden (Capres-cawapres) ini. Ketika mendaftar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mewajibkan atau mensyaratkan setiap pasangan untuk membawa visi dan misi mereka.

Berikut visi dan misi dari ketiga calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024: