Penulis: Ayu Safitri (Mahasiswa Universitas Islam Negeri Mataram)

KORANNTB.com – Belum lama ini BTS Army Indonesia yang merupakan kelompok penggemar K-pop BTS asal Korea Selatan melakukan penggalangan dana untuk Palestina, yang jumlahnya mencapai lebih dari 1 miliar rupiah. Kegiatan ini hanya berlangsung dalam beberapa hari saja, tepatnya dari 18 hingga 21 Oktober lalu.

Awalnya, kelompok Army Indonesia ini memasang target sebesar 20 juta rupiah. Namun, dalam waktu satu jam dana yang terkumpul sudah hampir mendekati 50 juta rupiah, hingga akhirnya jauh melebihi target.

Penggemar BTS atau biasa disebut ARMY memang memiliki kekompakkan yang luar biasa, aksi sosialnya juga selalu bikin takjub karena kepedulian yang mereka tunjukkan dengan hasil yang mengesankan. Kali ini, ARMY kembali menunjukkan kepedulian mereka terhadap korban-korban Palestina yang mengalami konflik dengan israel yang masih belum mereda. Aksi kemanusiaan yang mereka tunjukkan digerakkan melalui Donasi Peduli Palestina.

Pada kesempatan kali ini, ARMY Indonesia bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan, yakni Human Initiative akan menyalurkan dana yang telah dikumpulkan mereka untuk korban di Palestina. Donasi yang dilakukan oleh penggemar BTS Indonesia ini bertajuk “BTS Army Indonesia Peduli Palestina”.

Dikabarkan pertama kali lewat Instagram @army_Indonesia, penggemar BTS langsung berbondong-bondong menyebarkan informasi terkait penggalangan dana  tersebut melalui sebuah situs donasi solusipeduli.org.

“Kami BTS ARMY INDONESIA bersama Human Initiative dan teman baik ARMY lainnya akan membantu saudara kita di Palestina yang terdampak dalam konflik sejak beberapa minggu lalu,” tulis akun @army_indonesia sebagai penyelenggara donasi ini.

Pada Senin (23/10/2023) tercatat donasi “Bantuan Kemanusiaan Peduli Palestina 2023” Army Indonesia bersama Human Initiative yang masuk sebesar Rp 1.023.356.414 dari 20.313 donatur.

Akan tetapi banyak orang yang menanyakan terkait bagaimana pendistribusian donasi yang dilakukan oleh ARMY Indonesia ini. ARMY Indonesia pun menjelaskan kekhawatiran semua orang terkait pendistribusian, karena mengingat kondisi Palestina saat ini yang belum stabil mengakibatkan proses penyaluran menjadi tidak mudah. Tetapi mereka masih berupaya untuk mencari jalan agar bantuan tetap sampai kepada pengungsi warga Palestina yang terdampak perang di negaranya.

Pada hari Selasa (24/10) memposting sebuah vidio terkait pendistribusian “Postingan ini untuk pemberitahuan ke teman-teman bahwa Human Initiative sudah mendistribusikan bantuan tahap 1 yang sudah dikirim langsung ke posko di Palestina. Untuk bantuan tahap 2 yg merupakan hasil bantuan dari temen-temen BTS ARMY Indonesia rencananya akan di lakukan pada hari senin,” tulis ARMY Indonesia pada sebuah unggahan Instagram tentang penyaluran donasi.

Donasi Segera Disalurkan

Penggemar BTS dikenal memang memiliki kekompakkan luar biasa untuk melakukan kegiatan kemanusiaan. Fandom besar ini tidak hanya sekedar menggemari idol K-Pop BTS saja, tapi juga dimanfaatkan untuk memberikan bantuan kepada korban-korban bencana, tragedi, hingga konflik.

Beberapa waktu lalu tepatnya Oktober 2022, ARMY Indonesia turut menggalang dana untuk membantu korban tragedi Kanjuruhan yang memakan banyak korban. Fandom ini berhasil mengumpulkan dana hingga lebih dari Rp400 juta untuk tragedi Kanjuruhan lalu.

Tidak hanya para penggemar yang gemar melakukan aksi sosial dan kemanusiaan ini. Baru-baru ini juga BTS sendiri melakukan donasi uang sejumlah 1 miliar won atau Rp, 11,5 miliat kepada Komite Korea UNICEF atas nama Army penggemar setia BTS, sebagai ungkapan terima kasih atas dukungan yang tak tergoyahkan selama bertahun-tahun, sekaligus untuk merayakan pembaharuan kontrak BTS dengan BigHit Music.

Memang BTS Army terkenal secara individu sering melakukan donasi, ini tidak hanya mencerminkan hubungan khusus antara BTS, Bighit Music, dan Army, tetapi juga menginspirasi penggemar dan artis lainnya di seluruh dunia untuk berbuat baik dan selalu menebarkan kebaikan kepada semua orang.